Meski Kecil, Tindak Lanjuti Temuan BPK, Jika Main-main Pihak Ketiga Bisa Berurusan dengan Hukum

Payakumbuh- Padang Ekspres

Menyikapi upaya terus mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemko Payakumbuh bertekad menindaklanjuti setiap temuan hasil pemeriksaan BPK, meski temuan tersebut tersebut dalam eskalasi kecil sekalipun.

Hal ini ditekankan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dibantu Wakil Walikota Erwin Yunaz saat mengumpulkan semua pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh, di aula lantai III Kantor Balai Kota Lama, Bukik Sibaluik, Senin (7/5) pagi.

“Alhamdulillah, dari pemeriksaan tim dari BPK yang sedang berlangsung, meski temuan mereka tidak banyak dan termasuk terkecil di Sumbar. Saya harap kita semua serius menindaklanjuti temuan tersebut, agar kota kita bisa kembali meraih WTP tahun ini,” beber Walikota Riza Falepi.

Walikota mengajak semua kepala OPD untuk betul-betul serius, termasuk menindaklanjuti indikasi temuan yang disampaikan pihak pemeriksa. Hal itu dilakukan guna mewujudkan visi dan misi mereka tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Payakumbuh tahun 2017-2022.

“ Saya berharap melalui rakor ini tercipta sinergitas antar OPD, sehingga visi dan misi yang sudah kita tuangkan dalam RPJMD tercapai. Silakan berikan masukan kepada kami terkait kebijakan, kalau ada yang kurang tepat, mari kita perbaiki bersama,” ujar Walikota Riza mengawali arahannya.

Riza mengapresiasi kerja keras para kepala OPD beserta jajarannya, sehingga berbagai penghargaan diraih Payakumbuh, termasuk penghargaan pemerintah daerah dengan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Terbaik di Pulau Sumatera yang baru-baru ini diterima  walikota.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras kita selama ini, sehingga berbagai penghargaan berhasil diraih dari pusat. Mari kita pertahankan dan tingkatkan, “ ujar Wali Kota Riza.

“Silakan berkoordinasi dengan BKD terkai catatan-catatan dari pihak BPK. Bisa jadi menurut kita sudah tepat, tetapi belum menurut pihak BPK. Makanya, kita koordinasi dengan BKD,” tukas Riza.

Riza juga meminta catatan ataupun temuan BPK yang terkait dengan pihak ketiga untuk dikomunikasikan secara lebih baik. “Bagi OPD yang laporan keuangannya terkait pihak ketiga, tolong dikomunikasikan dengan baik, tegaskan kepada mereka untuk segera menyelesaikan, karena jika main-main, mereka bisa berurusan dengan aparat hukum,” tegas Riza.

Dalam kesempatan itu, Kepala BKD Kota Payakumbuh, Syafwal meminta agar temuan yang ada segera ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD. “Tolong setiap OPD segera menindaklanjutinya, sebab jika tidak kita respons, bisa saja mempengaruhi penilaian atau opini BPK, dan bisa saja kita gagal meraih opini WTP,” pungkas Syafwal.

Selengkapnya…