Tanah Datar Raih Laporan Keuangan Standar

Tanah Datar-Pos Metro

Kabupaten Tanah Datar memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan dengan Capaian Standar Tertinggi Akuntansi dalam Pelaporan Keuangan Pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan lima tahun berturut-turut Kabupaten Tanah Datar berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Murni.

Penghargaan atas keberhasilan Kabupaten tanah Datar  dalam mengelola keuangan tersebutdiserahkan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati  kepada Bupati tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2018, baru-baru ini di  Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI di Jakarta.

Usai terima penghargaan, Bupati Irdinansyah dengan didampingi Asisten  Administrasi Umum Ir. Helfy Rahmy Harun dan Kepala BKD Adrion Nurdal menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginyakepada seluruh OPD atas kerjasamanyauntuk menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerahdan dukungan DPRD. “Ini tidak lepas dari usaha dan komitmen kita bersama, bagaimana APBD Kabupaten Tanah Datar dikelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan melalui sebuah laporan keuangan pemerintah daerah dengan memakai prinsip transparasi, efisiensi , efektifitas, akuntabilitas dan partisipatif mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintah,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, penghargaan ini diperoleh atas dasar prediket WTP Murni lima kali berturut-turut yang diraih Kabupaten Tanah Datar dan ini merupakan satu-satunya kabupaten /kota di Sumbar. “Meraih predikat WTP dapat dijadikan motivasi, tetapi juga dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menyusun perencanaan ke depannya. Mana yang baik di lanjutkan, yang tidak dievaluasi bahkan kalau perlu dihentikan,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui Pemkab Tanah Datar yang saat ini di bawah duet kepemimpinan Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kepatuhan dan taat azas terutama dalam penggunaan anggaran baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Tanah Datar.

Ini bisa dibuktikan, Tanah Datar adalah kabupaten dan kota di Sumbar yang senantiasa berusaha tercepat dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah setiap tahunnya kepada BPK RI Perwakilan Sumbar.

Tidak hanya berusaha tercepat, Tanah Datar juga telah meraih Opini WTP yang ketujuh kalinya diawali tahun 2009 dan berturut-turut enam tahun yakni tahun 2012, 2013, 2014,2015,2016 dan 2017, 5 tahun terakhir WTP Murni.

Selengkapnya…