Pojok Satu – Pojok Saling Bertemu dan Berbagi Ilmu BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat

Dalam rangka keterbukaan informasi publik, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat menyediakan ruang baik bagi publik internal maupun publik eksternal.  Ruang ini diberi nama “Pojok Satu”. Pojok SAling BerTemu dan Berbagi IlmU. Ruang ini dalam rangka mengoptimalkan layanan di Pusat Informasi dan Komunikasi BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Pengguna informasi BPK dapat memanfaatkan layanan komunikasi dalam forum Pojok Satu untuk mengenal lebih dekat BPK dan memanfaatkan hasil pelaksanaan tugas BPK.  “Tujuan Pojok Satu sebagai meeting and knowledge sharing corner antar pegawai dan publik agar lebih terbuka, nyaman dan interaktif” ujar Zaini Arief Budiman, selaku Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Rabu, 26 September 2018, para pemeriksa dari Subauditorat Sumbar II yang dikepalai Hari Fitrianto, memanfaatkan Pojok Satu dengan berkumpul dan mengisi kuesioner dengan tema “Bagaimana Kecenderungan Anda?”. Hasil kuesioner ini dibahas bersama dengan tujuan untuk mengetahui karakter masing-masing. Diharapkan nanti pertemuan ini dapat membantu membentuk tim yang saling melengkapi dan kompak.

Pada hari kamis, 27 September, Focus Group Discussion dilaksanakan di Pojok Satu. FGD Pemantauan Pelaksanaan Anggaran yang diprakarsai oleh Biro Keuangan BPK Pusat dan menghadirkan Narasumber dari Biro Keuangan, Kanwil Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat dan KPPN Kota Padang. FGD ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada Satker atas perubahan pengukuran dalam evaluasi kinerja anggaran dan bagaimana sinkronisasinya terhadap penilaian indicator Kinerja Tingkat Implmentasi Anggaran dalam SIMAK BPK.

Narasumber dalam FGD tersebut, Teguh Widodo dari Biro Keuangan, Aulia Rahim dari Kanwil Perbendaharaan dan Hemidon dari KPPN Kota Padang. Teguh menyampaikan perencanaan penganggaran dengan memperhatikan pemutakhiran informasi kinerja menyesuaikan dengan Perjanjian Kinerja dan kebutuhan PMK 214 tahun 2017. Selanjutnya, Aulia menjelaskan tentang Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran.  Lebih rinci lagi Hemidon menegaskan penjelasan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran dengan 12 indikator, antara lain kesesuaian perencanaan dan penganggaran, efektivitas pelaksanaan kegiatan, kepatuhan terhadap regulasi dan seterusnya.

Pojok Satu diharapkan menjadi sarana peningkatan kualitas komunikasi antar pegawai dan pemangku kepentingan di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.