74 Tahun Kemerdekaan Indonesia: SDM BPK yang Unggul akan Menghasilkan Pemeriksa yang Berkualitas dan Bermanfaat

Padang, 17 Agustus 2019, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara Hari UlangTahun (HUT)  ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang bertempat di lapangan kantor perwakilan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan Yusnadewi dan komandan upacara Kasubbag Hukum, Ronni Akbar. Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai dengan tertib dan khidmat.

“Tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 adalah SDM Unggul Indonesia Maju. Makna SDM Unggul menunjukkan semangat yang besar dari Negara kita untuk dapat membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Sedangkan makna Indonesia maju adalah Indonesia yang dapat berkompetisi di tingkat global, Indonesia yang rakyatnya sejahtera,” ujar Moermahadi dalam pidato Ketua BPK RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.

Selanjutnya Moermahadi juga menyampaikan bahwa sehubungan dengan tema tersebut, BPK turut membangun SDM-nya dengan peningkatan kompetensi melalui inisiatif strategis talent pool pada Renstra BPK. BPK telah menyetujui pengembangan talent pool dan diimplementasikan pada semester II tahun 2019 untuk pejabat administratif (eselon 3).

“Pengembangan SDM BPK juga dilakukan dengan perluasan Jabatan Fungsional Pemeriksa (JFP). Dengan perluasan penerapan JFP ini, maka pengetahuan dan kompetensi pemeriksa semakin diperkaya dan kariernya pun dapat semakin berkembang. SDM BPK yang unggul akan menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Tata kelola keuangan yang semakin baik merupakan hasil dari SDM yang unggul. Selain itu, kepercayaan duniaI nternasional terhadap SDM BPK juga dapat dilihat dari ditunjuknya BPK sebagai eksternal auditor International Atomic Energy Agency (IAEA) dan peran dalam pemeriksaan SDGs. Keaktifan BPK di dunia Internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukkan bahwa para pemeriksa BPK diakui dan mampu bersaing di dunia Internasional,” sambungnya.

“Saya mengharapkan dan menekankan agar seluruh pegawai BPK senantiasa bekerja dengan kompak, bersinergi, penuh semangat, dan tetap memegang teguh integritas, independensi, serta profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan,” ujar Moermahadi menutup pidatonya.

Dalam kesempatan upacara ini juga turut diberikan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada 2 orang pegawai dengan masa bakti 20 tahun dan 2 orang pegawai dengan masa bakti 10 tahun. Upacara kali ini juga terasa lebih khidmat dan bersemangat karena dilengkapi oleh grup paduan suara yang baru saja dilaunching.

Untuk lebih menghayati Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, pada penutup upacara perwakilan pegawai BPK Perwakilan Sumatera Barat membentuk logo 74 tahun Republik Indonesia dan pembawa acara membacakan makna dari logo tersebut.

Marilah kita semua berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan petunjukNya kepada kita semua, serta memberkati upaya kita dalam membangun bangsa dan negara.

Dirgahayu Republik Indonesia!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!