Pembangunan Masjid Terapung Dimulai, Dianggarkan Rp27,5 Miliar

Painan-Padang Ekspres

Pembangunan masjid terapung di kawasan Pantai Carocok Painan dimulai. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Senin (30/12).

Dia menyampaikan pembangunan masjid terapung merupakan salah satu upaya mewujudkan visi dan misi bupati yaitu Mandiri, Unggul,  Agamais, dan Sejahtera. Menurutnya pembangunan masjid terapung juga bertujuan untuk menunjang terwujudnya pariwisata halal di kawasan Pantai Carocok Painan.  Di mana pembangunan masjid terapung di kawasan Pantai Carocok Painan merupakan salah satu bukti Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan konsisten dengan penerapan pariwisata halal.

Hendrajoni berharap masjid terapung di kawasan Pantai Carocok Painan, dapat menjadi kebanggaan masyarakat serta menjadi ikon pariwisata daerah ini.

Diharapkan, dengan adanya masjid terapung yang representatif wisatawan semakin banyak berkunjung ke daerah ini. Hal itu akan berimbas terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati meminta agar kontraktor melaksanakan pembangunan masjid terapung dengan baik dan diawasi secara optimal. Kemudian diharapkan pembangunan masjid terapung itu rampung tepat waktu.

Sementara kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pesisir Selatan, Era Suka Munaf menyebutkan, pembangunan masjid terapung bakal menghabiskan dana dari APBD sebesar Rp27,5 Miliar.

Ditambahkan, lokasi pembangunan masjid terapung tersebut berada di pinggir Pantai Carocok, persisnya di arah timur Pulau Batu Kereta. Luas lahan masjid 1.795 meter persegi, serta fasilitas yang dibangun antara lain, bengunan inti yakni tempat shalat dengan kapasitas 300 jamaah, selasar, 2 menara setinggi 32 meter, dan taman.

Selengkapnya…