Perpustakaan Riset Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara

Sesuai dengan visi BPK untuk menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang kredibel dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan, maka BPK meresmikan Perpustakaan Riset Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara. Tujuan dibentuk  perpustakaan riset ini untuk mendorong masyarakat turut aktif mengawasi pengelolaan keuangan negara secara baik dan benar. Dalam peresmian Pembukaan Perpustakaan Riset tersebut, Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa untuk mendukung pengetahuan publik agar semakin berkembang maka harus didukung literasi yang baik, sehingga publik semakin cerdas.

Sebagai bagian dari Perpustakaan BPK RI, BPK Perwakilan Sumatera Barat membangun Perpustakaan Riset untuk mendukung riset tata kelola dan akuntabilitas keuangan negara, dengan menyediakan data, informasi, dan pengetahuan mengenai keuangan negara yang terdiri atas 1.911 eksemplar buku dengan 879 judul buku, serta e-books, dan e-journal. Perpustakaan Riset BPK juga bekerja sama dengan Pusat Informasi dan Komunikasi untuk membuka akses publik terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan BPK sebagai bahan riset yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang membutuhkan.

Selain itu, Perpustakaan Riset BPK Perwakilan Sumatera Barat memiliki koleksi karya ilmiah (skripsi atau thesis) dalam bentuk Hard Copy dan Soft Copy yang berasal dari karya tulis ilmiah pegawai BPK dan mahasiswa yang meneliti tentang BPK dan Pengelolaan Akuntabilitas Keuangan Negara.

Untuk mendukung pemanfaatan oleh pemustaka, Perpustakaan Riset dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan seperti meja kerja, Wifi gratis, layanan referensi dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang terdiri dari berbagai judul dan berbagai jenis koleksi, layanan baca di tempat untuk koleksi buku dan jurnal, serta akses e-book, e-journal dan e-kliping.

Jam Layanan Perpustakaan Riset BPK setiap hari kerja dimulai pada pukul 08.30 WIB-16.30 WIB. Pada Sabtu, Minggu dan hari libur perpustakaan tutup