Bupati Irdinansyah Perintahkan TAPD Segera Berkoordinasi

Tanah Datar, Singgalang

Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi memerintahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPI)), agar segera berkoordinasi dengan semua elemen terkait penggunaan anggaran daerah, lalu melaporkannya ke DPRI), gubernur, dan Kemendagri.

“Penggunaan anggaran yang termaktub dalam APBD 2020 itu harus jelas penanggungjawabnya. Pemanfaatannya wajib sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, terutama dalam konteks selama diberlakukannya darurat kesehatan oleh pemerintah,” ujar Irdinansyah, Kamis (9/4), di Gedung Indojolito Batu sangkar.

Irdinansyah menegaskan hal itu, usai mengikuti teleconference dengan Wakil Gubernur Nasrul Abit dan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, bersama para bupati/walikota se-Sumatera Barat.

Sebelumnya, bupati juga menyampaikan arahan serupa saat menerima kun jungan TAPD di bawah pimpinan Sekretaris Daerah Irwandi. Pada kesempatan itu, bupati bersama tim membahas perencanaan refocusing anggaran untuk penanganan Covid19.

“Segera laporkan pembahasannya kepada Kemendagri, dan beritahukan kepada ketua DPRD Tanah Datar,” tegas bupati.

Sekda Irwandi bersama jajaran terkait, sebelumnya juga sudah menerima arah an dari Mendagri Tito Karnavian, Ketua BPK Firman Sampurna, Ketua KPK Firli Bahuri, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, dan Kepala LKPP Kabareskrim Polri Irjen Pol. Listyo Sigit, juga melalui teleconference. “Ada 519 pimpinan pemerintahan daerah seluruh Indonesia yang ikut teleconference itu. Fokus utamanya adalah percepatan pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepaan penanganan Covid-19,” jelas Irwandi.

Wakil gubernur pada kesempatan teleconference menyatakan, saat ini Pemprov Sumbar menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19, yaitu RSUP M. Djamil Padang, RS Achmad Muchtar Bukittinggi dan Rumah Sakit Unand Padang.

“Sebagai ketua gugus tugas, kami minta para bupati dan walikota proaktif dalam percepatan pemutusan penularan Covid-19, utamakan pengamanan pemeriksaan di sembilan titik posko perbatasan dengan provinsi tetangga,” tegasnya. (211)

Selengkapnya…