Sepanjang Tahun 2021, Berbagai Penghargaan Diterima Kota Payakumbuh

Payakumbuh – prestasi luar biasa banyak ditorehkan dibawah kepemimpinan walikota Riza Falepi. Di mana sejumlah penghargaan dari pusat dan provinsi diraih.

Kali ini plakat penghargaan entitas pelaporan (EP) pemerintah daerah (provinsi/kota) yang telah berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut. Penghargaan ini mulai diraih dari 2016-2020 dan piagam kepada EP yang meraih tahun 2020.

Walikota payakumbuh Riza Falepi, kepada wartawan dibalai kota Payakumbuh, mengatakan, Kota Payakumbuh termasuk daerah yang tepat dalam menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) nya kepada BPK. Disamping itu, penghargaan dalam pengelolaan keuangan daerah WTP ini, sudah diraih Kota Payakumbuh selama 7 tahun berturut-turut.

Penghargaan ini adalah sebagai wujud apresiasi atas capaian kinerja pengelolaan keuangan pemko Payakumbuh. Sehingga mendapat plakat pengharagaan. Kami berharap, pemberian penghargaan ini dapat memotivasi seluruh OPD dalam pengelolaan keuangan negara atau daerah menjadi lebih baik lagi kedepannya, “ujar Riza”.

Menuratnya, tidak mudah menjalankan proses kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah dengan akuntabel dan bebas korupsi. Karena butuh komitmen kuat kepala daerah dan jaajran untuk mewujudkannya. Riza menyebutnya kerjamaksimal dalam mengelola duit rakyat.  “ini merupakan suatu prestasi yang sangan membanggaklan mengingat semakin ketatnya standar pengawasan dan audit yang telah ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menjalankan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik. Untuk itu, terimakasih  kepada seluruh elemen. Baik jajaran birokrasi, DPRD, serta seluruh masyarakat Payakumbuh. Sebab, hanya dengan komitmen tinggi serta semangat kebersamaan, penghargaan prestisius tersebut dapat diraih, “tambah orang nomor satu di Payakumbuh itu.

Untuk menerima penghargaan ini, Walikota Riza Falepi menugaskan Asisten III Setdako Payakumbuh Amirul Dt. Karayiang dan diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, di Kota Padang. Penghargaan ini diberikan, setelah diselenggarakannya rangkaian Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pemerintah tahun 2020 pada tanggal 16 Agustus hingga 14 September 2021 lalu.

Selain memberikan tugas untuk menerima penghargaan. Asisten III Setdako Payakumbuh juga diberi mandat untuk menghadiri pembukaan MTQ Nasional XXXIX tingkat provinsi Sumatera Barat bersama kakankememag kota Payakumbuh Ramza Husmen, yang berlangsung dipanggung utama lapangan banca laweh , kota Padang Panjang, Sabtu (13/11) malam lalu. Dimana acara bertajuk “mewujudkan masyarakat sumbar yang qurani bermarwah dan bermartabat” tersebut dibuka secara resmi oleh Direktorat Jenderal Bimbingan masyarah islam kementrian agama RI Kamaruddin Amin, didampingi gubernur sumbar Mahyeldi, wakil gubernur Audy Joinaldy, kakanwil kemenag sumbar Helmi, kepala daerah dan jajaran forkopimda kota/kabupaten di Sumatera Barat.

Ketika dijumpai wartawan, Amiriul mengatakan, kota Payakumbuh mengirim 41 peserta untuk 8 dari 13 cabang. Tetapi dengan jumlah ini bisa dioptimalisasikan dalam mengikuti setiap perlombaan. Dimana ada cabang yang paling unggulkan dari kota Payakumbuh yakni Musabaqah Fahmil Quran (MF0Q). “dulu perwakilan Sumatera Barat dalam MTQ tingkat nasional dari cabang ini berhasil meraih juara 1, pesertanya anak-anak dari kota Payakumbuh.

Selain itu, Amirul juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, mulai dari kantor kamenag, official, pelatih, guru dan orang tua kafilah yang telah mendukung dan memberikan dorongan moril serta meterinya hingga saat ini. “kesra, LPTQ, organisasi keagamanan di kota Payakumbuh sangat antusias memberikan dukungan kepada kafilah kita. Untuk itu, kita harapkan nanti official bisa terus hadir langsung di setiap lokasi cabang lomba yang diikuti kafilah yang berasal dari Payakumbuh untuk memberikan dukungan, “tambahnya.

Selain berbagai kegiatan yang ditugas kepala daerah itu, Asisten III yang low profile ini juga sering diajak walikota untuk menemani beliau dalam berbagai kegiatan. Seperti saat diajak untuk mendapingi walikota dalam acara pembukaan kemah seniman yang di helat di seni intro, kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, bersama gubernur Sumbar Mahyeldi dan ketua DPRD Sumbar Supardi. Pada kesempatan itu, walikota Riza Falepi menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah provinsi sumbar yang telah memilih Kota Payakumbuh untuk menggelar berbagai iven termasuk kemah seniman ini.

“merupakan  suatu kehormatan bagi Kota Payakumbuh, atas berbagai iven yang telah dilakukan di daerah kami ini. Untuk itu, sebagai kepala daerah saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak gubernur Buya Mahyeldi dan ketus DPRD Sumbar Pak Supardi. Mudah-mudahan iven ini bukan sekali ini saja. Tapi bisa berkelanjutan ditahun-tahun berikutnya. Apalagi pandemi Covid-19 telah memukul semua sendi termasuk ekonomi masyarakat. Dan kita harap dengan berbagai iven yang digelar di Payakumbuh ini, bisa segera menggeliatkan lagi ekonomi yang sempat terpuruk ini, “ucapnya. (*)

Selengkapnya unduh disini