143 Peserta mengikuti SKB CPNS BPK Tahun 2021 di Sumbar

Padang, 8 Desember 2021. Sebanyak 143 peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS BPK Tahun 2021 di Sumbar. SKB CPNS BPK ini dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 8 Desember 2021 di Gedung Laboratorium Komputer Universitas Negeri Padang (UNP). Seleksi ini diikuti oleh sebanyak 143 peserta CPNS, dari 145 peserta yang dinyatakan lulus SKD, sedangkan dua peserta tidak hadir.

SKB ini merupakan tindak lanjut hasil ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS BPK di Sumbar tahun 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 30 september s.d. 3 Oktober 2021 yang lalu.

Ujian SKB ini dibuka secara online oleh Kepala Perwakilan BPK Sumbar Yusnadewi. Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan selamat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, bagi yang diterima agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya, dan yang tidak berhasil jangan berkecil hati, masih ada peluang di tempat lain.

Sebelum memasuki ruang ujian, peserta akan melalui beberapa tahap yaitu tahap screening, registrasi dan pelaksanaan ujian. Pada saat screening, peserta dicek suhu tubuhnya, telah mengisi deklarasi sehat dan membawa Surat hasil test usap PCR dalam kurun waktu 2×24 jam atau antigen dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum hari pelaksanaan SKB, dengan hasil negatif/non reaktif.

Pada tahap registrasi Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian yang dicetak berwarna dari portal https://cpns.bpk.go.id dan KTP/Surat Keterangan Pengganti KTP asli yang masih berlaku. Peserta melakukan registrasi dan presensi dengan cara scanning barcode untuk memastikan kebenaran informasi/identitas peserta. Peserta akan difoto sambil menunjukkan KTP dengan membuka masker pada saat presensi sebelum melaksanakan tiap sesi SKB, mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Tes Psikometri, dan memasuki ruang ujian dengan tertib.

Pelaksanaan ujian SKB ini dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Ujian yang dilakukan meliputi Tes Psikologi Tertulis, Wawancara Psikologi dan Leaderless Group Discussion (LGD), serta Tes Psikiatri (Kesehatan Jiwa).

Tes Psikologi dan wawancara psikologi serta LGD dilaksanakan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI), sedangkan tes psikiatri dilaksanakan oleh Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Semua tahap ujian dilaksanakan secara daring melalui aplikasi yang sudah disediakan.

Semua peserta dapat mengikuti tahap-tahap ujian dengan baik, semoga berhasil lulus dengan nilai yang baik.

Ujian SKB ini terselenggara dengan baik dan lancar, berkat kerjasama BPK Perwakilan Sumbar dan Biro SDM BPK Pusat. Semoga dapat menghasilkan pegawai-pegawai yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.