Pemko Sawahlunto Peroleh Opini WTP ke Sembilan

SAWAHLUNTO – Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diperoleh Pemerintah Kota Sawahlunto untuk ke sembilan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar.

Opini WTP itu disampaikan Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Arif Agus, S.E., M.M, Ak, CPA, CSFA., saat menyerahkan dan menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP-LKPD) Sawahlunto tahun 2023, yang diterima Penjabat Walikota Dr. Zednihan, AP, Msi di Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar di Padang, Jumat (5/4) lalu.

Saat penyampaian hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan Opini WTP, hadir Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu, S.E, Kepala Inspektorat Sawahlunto Isnedi, S.E, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlunto Dodi Febrizal.

Sawahlunto menerima Opini WTP sembilan kali berturut-turut. Diawali di 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 dam 2023.

Walikota Zefnihan mengatakan, penghargaan yang diraih sekarang melengkapi keberhasilan Pemerintah Kota Sawahlunto sembilan kali berurut-turut memperoleh Opini WTP. Penghargaan ini berkat keberhasilan bersama, pemerintah kota dan masyarakat Sawahlunto serta dukungan forkopimda.

Dikemukakan walikota, LKPD dengan Opini WTP wajib dipertahankan karena sangat membantu kegiatan pemerintah kota. “Mempertahankan LKPD dengan opini WTP tidak mudah. Kriteria penilaian di masa mendatang semakin kompleks dan jauh lebih sulit,” ujar Zefnihan.

Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Arif Agus mengemukakan, ada empat kriteria yang menjadi landasan penilaian, yakni kesesuaian standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektifitas atas sistem pengendalian dan kepatuhan terhadap aturan pengelolaan keuangan daerah.

Sawahlunto, sebut Kepala Perwakilan BPK Sumbar, opini WTP diperoleh Kota Sawahlunto sudah di tahun ke sembilan. Berturut-turut Sawahlunto memperoleh penilaian terbaik ini. “Harapan kami, Sawahlunto punya komitmen lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ujar Arif.

Sementara itu Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu mengharapkan komitmen pemerintah kota untuk terus bekerja semakin lebih baik. Pemko Sawahlunto dituntut mempertahankan Opini WTP melalui kinerja keuangan yang semakin sempurna. Kalai di LHP-LKPD 2023 Sawahlunto memperoleh Opini WTP  yang ke 9 kali, di tahun mendatang bisa berlanjut.

“Bagi DPRD, LHP-LKPD ini menjadi bahan yang mendasari pengawasan dalam perjalanan pemerintah daerah untuk terus lebih baik,” tutur Eka Wahyu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlunto, Afridarman mengatakan, berhasilnya Sawahlunto memperoleh opini WTP sembilan tahun berturut-turut tidak lepas dari peran semua pihak, semua organisasi perangkat daerah (OPD) turut berperan aktif dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan. (adv/201)

Selengkapnya unduh disini