Entitas Diharapkan Membantu Auditor Mendapatkan Data Pemeriksaan

IMG_7737 edit

Padang — Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Eldy Mustafa berharap dalam pelaksanaan pemeriksaan di lapangan para entitas dapat membantu auditor dalam mendapatkan data-data pendukung pemeriksaan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kami tetap berharap kepada pemerintah daerah agar dapat membantu pekerjaan auditor di lapangan dengan memberi data-data pendukung yang diperlukan,” kata Kepala Perwakilan saat penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan di Padang pada Rabu, 27 April 2016.

Menurut Eldy, jika data pemeriksaan dapat mudah didapatkan maka hasil pemeriksaan pun dapat ditentukan dengan baik berdasarkan data tersebut. Jika data kurang maka hasil pemeriksaan pun akan terpengaruh.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengungkapkan pihaknya tidak akan mempersulit pekerjaan auditor di lapangan nanti.

“Kami selalu mendukung penuh pekerjaan auditor untuk memeriksa hasil pekerjaan kami selama setahun lalu. Pemeriksaan BPK sangat penting untuk memajukan kabupaten Pesisir Selatan sehingga kami akan memberi dokumen pendukung kepada auditor,” kata Hendrajoni saat penyerahan tersebut.

IMG_7768 editWalikota Payakumbuh Riza Falepi pada penyerahan di hari yang sama juga menyampaikan akan sepenuhnya mendukung auditor BPK dalam melaksanakan pemeriksaan.

“Kami berharap dapat mendukung sepenuhnya pemeriksaan BPK dan mendapat hasil yang terbaik bagi daerah kami,” ujar Riza dalam kesempatan penyerahan LKPD Kota Payakumbuh.

Riza juga mengungkapkan permohonan maaf dari segenap Pemda Kota Payakumbuh karena tidak bisa menyerahkan LKPD tepat waktu. “Banyak yang harus kami sempurnakan dan persiapkan sejak diberlakukannya sistem akrual ini,” ujar Riza.

Meskipun demikian, Riza tetap berharap nantinya mendapat opini WTP setelah sebelumnya pada LKPD 2014 meraih WTP DPP.

Sementara itu, dalam penyerahan LK Kabupaten Solok pada Kamis, 28 April 2016 Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo juga berharap dapat meraih hasil pemeriksaan terbaik untuk Kabupaten Solok.

“Kami berharap dapat mendapat hasil yang terbaik dari hasil pemeriksaan nanti. Kami juga sudah melaksanakan rekomendasi-rekomendasi BPK dari pemeriksaan sebelumnya,” ujar Gusmal.

IMG_7779 edit IMG_7748 edit