Bupati Tetapkan Lima Target Akhir Tahun Anggaran

Padang Pariaman-Haluan

Menyikapi hampir berakhirnya Tahun Anggaran 2017, Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni  memberikan lima target capaian pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni, baru- baru ini pada Haluan, usai melakukan rapat evaluasi kinerja para OPD di ruang rapat bupati.

“Baru- baru ini kita baru melaksanakan rapat evaluasi menjelang akhir tahun, dan kami memberikan lima target pada pimpinan OPD,” kata Bupati Ali Mukhni.

Menurut Bupati Ali Mukhni, lima target tersebut meliputi, pertama, serapan anggaran 2017 harus mencapai 97%. Artinya target naik sekitar 1,5%, karena 2016 lalu serapan  anggaran mencapai 95,57%, ini adalah yang tertinggi di Sumatera Barat.

Ke dua, mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan. Sebelumnya telah diraih 4 kali WTP yaitu 2008, 2014,2015, dan 2016.

Ke tiga, pengesahan APBD 2018 tepat waktu. Artinya, sebelum Desember sudah disepakati oleh pemerintah bersama DPRD.

Ke empat, penilaian LAKIP 2017 dengan nilai A. Tahun lalu telah diraih dengan nilai C, namun telah dilakukan penyusunan yang lebih baik lagi.

Ke lima, maturitas Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah pada level 3. Karena itu diminta seluruh OPD yang dijadikan lokus, agar proaktif dalam kelengkapan bahan yang diperlukan di bawah kendali Inspektorat.

Sementara itu Sekretaris Daerah Padang Pariaman, Jonpriadi yang dihubungi Haluan mengingatkan, bahwa seluruh kegiatan OPD dipantau oleh pimpinan. Jika ada yang belum mencapai target masih diberikan kesempatan hingga bulan mendatang.

“Pak bupati setiap detik memantau kinerja OPD. Contohnya serapan anggaran selalu dilaporkan setiap hari,” kata Sekda.