Sahabat BPK : BEM KM Universitas Andalas lakukan Institution Visit to BPK

Padang, Kamis (21/10) – BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat kembali menerima kunjungan Sahabat BPK dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Univesitas Andalas (BEM KM Unand). Kunjungan ini diberi tema Institution Visit to BPK : Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Organisasi untuk Mewujudkan Generasi Anti Korupsi. Acara Institution Visit to BPK kali ini diikuti oleh 30 orang pengurus BEM KM Unand dari dari bendahara masing-masing kementerian BEM KM Unand yang berasal dari semua jurusan. Kegiatan kunjungan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dengan pengecekan suhu, penggunaan hand sanitizer dan pemakaian masker.

Sebelum memasuki ruangan acara, kegiatan kunjungan di awali dengan room tour ke ruangan yang ada di BPK Sumbar, yang dipandu oleh staf Humas TU Della Nurul Amalia. Pada saat memasuki ruangan auditorium, peserta menyaksikan pemutaran Hymne BPK yang memperlihatkan pelaksanaan tugas BPK di lapangan.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan dari Presiden BEM dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Negara BEM KM Unand Fahrudin. Fahrudin menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari BPK dan penghargaan kepada BPK yang telah memberi izin untuk menimba ilmu di BPK Sumbar.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dosen Pendamping dari Universitas Andalas, Rayna Kartika. Dalam sambutannya Rayna Kartika menyampaikan terima kasih kepada BPK khususnya panitia atas sambutan yang baik dan hangat, dan semoga mahasiswa dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat menambah ilmu dari BPK.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat, Walujo. Dalam sambutannya, Walujo menyambut baik kedatangan para mahasiswa ke BPK Sumbar untuk bersama-sama menambah wawasan tentang pengelolaan Keuangan Negara, dan semoga bermanfaat bagi mahasiswa.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Subauditorat Sumbar II, Ali Thoyibi dan Kepala Sub Bagian Hukum Ridzaldy Arfah. Materi yang disampaikan mengenai Profil, Sejarah, Tugas dan Wewenang BPK, Nilai Dasar BPK dan Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Organisasi untuk Mewujudkan Generasi Anti Korupsi. Kepala Subbagian Humas dan TU Kalan, Rita Rianti bertindak sebagai moderator. Acara berjalan meriah dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta.