Sharing Session BPK dengan APIP: Berbagi Pengalaman untuk Pengawasan yang Efektif

Padang, Kamis 29 September 2022 – BPK Sumbar melaksanakan kegiatan Sharing Session pada hari Kamis, tanggal 29 September 2022. Bertempat di Aula Lantai 4 Gedung A BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat kegiatan ini diikuti oleh 48 orang pegawai dari Inspektorat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. Acara Sharing Session dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 15.30 WIB.

Kegiatan Sharing Session dibuka oleh Plh. Kepala Perwakilan, Bapak Ali Thoyibi. Dalam sambutannya Ali Thoyibi menyampaikan bahwa “Kegiatan Sharing Session ini dilatarbelakangi dari keinginan kita bahwa BPK harus bisa memberi manfaat kepada lingkungan, stakeholders ataupun entitas. Harapannya tidak hanya berupa laporan hasil pemeriksaan, namun juga manfaat di bidang lain salah satunya melalui sharing session ini. Kita memberikan pengalaman selama pemeriksaan, sehingga menjadi pertimbangan dan juga pengalaman bagi inspektorat. Kami berharap inspektorat memiliki pemeriksa yang tangguh di lingkungan kabupaten masing-masing sehingga dapat memberikan pengawasan yang efektif. Jika inspektorat kuat maka pekerjaan kami akan lebih efektif, dan kami akan konsentrasi pada hal-hal tertentu saja,” ujarnya.

Kegiatan Sharing Sesssion menghadirkan pemateri dari Pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat yaitu Feric Fernanda, Kalam Parluhutan Sitanggang, dan Rizky Hadi Kurniawan. Topik yang disampaikan yaitu Audit Konstruksi Jalan dan Bangunan, Audit Pengadaan Barang dan Jasa dan Audit Kinerja. Pemateri memaparkan mengenai peraturan-peraturan yang mendasari, resiko penyimpangan yang terjadi, dan sharing terkait permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Tujuan dilaksanakan Sharing Session yaitu untuk berbagi ilmu antara BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat, dan percepatan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) BPK. Semoga acara ini bisa menambah ilmu dan silaturahmi yang baik dengan entitas serta meningkatkan penyelesaian TLHP BPK di Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

 

Acara ditutup oleh Plh. Kepala Sekretariat Perwakilan Rita Rianti yang menyampaikan “Terimakasih bapak ibu dari Inspektorat Mentawai dan Kota Padang yang telah hadir pada kegiatan sharing session hari ini. Sharing Session ini merupakan inovasi BPK Sumbar. Semoga acara ini bermanfaat dan yang disampaikan narasumber dapat dijadikan sebagai masukan dalam melaksanakan pekerjaan,” tutupnya.