Inspektorat Awasi Seluruh Pekerjaan Fisik

Padang Pariaman – Singgalang

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, mengatakan bahwa inspektorat ibarat mata dan telinga yang siaga mengawasi dan menyimak proses pelaksanaan dan penyelenggaraan tugas-tugas peemerintah.

Apabila fungsi pengawasan berjalan dengan baik, maka kesempatan untuk meminimalisir kesalahan atau kekeliruan dalam bertugas bisa diatasi. “Peran Inspektorat sangat strategis. Kita yakini dengan pengawasan melekat maka tercipta pemerintahan yang bersih,” kata Bupati Ali Mukhni di Parit Malintang, beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Padang Pariaman dan PAN Sumbatr ini juga akan memperkuata Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai bentuk peningkatan integritas pemerintah. Tujuannya untuk menjaga kepercayaan publik terhadap instansi pemerintah.

Menjelang akhir tahun anggaran, kata Ali Mukhni, diminta inspektorat untuk monitoring pekerjaan fisik maupun non fisik yang bersumber dari dana pusat maupun APBD. “Kita ingin pembangunan langsung dapat dinikmati masyarakat,” kata peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara mengatakan, saat ini pihkanya tengah memonitoring seluruh pekerjaan fisik yang sedang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab. Pekerjaan fisik tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dari Dana Alokasi Umum (DAU). (501)

Selengkapnya…