Jembatan Banda Balicik Ambruk, Akses Jalan Sawah Sudut – Batu Palano Selayo Terganggu

Arosuka – Singgalang

Akses transportasi antah Sawah Kandang Batu Palano menuju Padang Kunik, Nagari Selato, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok terganggu karena jembatan semen yang membentang di Banda Balicik mengalami rusak karena ambruk, Minggu (9/2) pagi.

Informasi yang diterima tokoh pemuda setempat, Mora Dt. Rajo Kando menyebutkan, arus lalu lintas yang biasanya digunakan warga dari jorong Sawah Suduk dan jorong Batu Palano lumpuh total karena kerusakan jembatan telah memutus ruas jalan.

Disebutkan, karena robohnya jembatan banda Balicik, warga yang hendak menuju dua arah berbeda dari Sawah Sudut ke Parak Gadang Batu Palano harus mengambil jalan memutar ke Galanggang Tangah hingga ke Munggu Tanah. Padahal dengan melewati jembatan, jarak tempuh menjadi lebih pendek.

Pasca ambruknya jembatan banda Balicik, jalan menuju Sawah Kandang Batu Palano menuju Sawah Sudut dan sebaliknya tidak bisa dilalui sama sekali.

Bahkan aliran sungai ikut terhambat akibat banda jembatan yang menumpuk didalamnya. “Kami masyarakat butuh alat berat untuk membersihkan puing-puing jembatan. Kami minta pemerintah daerah segera menanggapinya,” kata Mora.

Agar akses transportasi kembali normal, dirinya bersama warga sekitar bersedia melakukan gotongroyong guna membuat jembatan darurat. “Kita butuh alat berat dan bantuan material lainnya. Kita minta dinas terkait segera menyikapi kondisi ini,” papar Mora. (216)

Selengkapnya…