BPK Mulai Lakukan Pemeriksaan LKPD 2021

AGAM, METRO

Badan Pemeriksan Keunagan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumbar mulai melakukan pemeriksaan atas laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Agam Tahun 2021.

Mengawali pemeriksaan yang bakal dilakukan selama 25 hari itu, tim pemeriksaan gelar Entry Meeting bersama Bupati Agam, Andri Warman dirumah dinas Bupati Agam, Kamis (3/2)

Entry Meeting ini dihadiri Sekdakad Agam, Edi Busti beserta bebepara pimpinan OPD seperti Plt Inspektorat, Gusti Noval, Badan Keuangan Daerah, Hendri G, Kadisdikud Isra, Kaban Kesbangpol Yunilson, Kadis Kesehatan, Hendri Rusdian dan kadis PUTR, Ofrizon

Ketuan Tim Pemeriksaan Muhammad Basrowi menyebutkan, ini baru pemerisaan interim atau pendahuluan atas LKPD Kabupaten Agam tahun 2021, dan akan ada pemeriksaan lanjutan yang terinci. “ Pemeriksaan interim ini kita fokus pada empat poin, semua sudah kita jabarkan pada Bupti Agam dan Sekdakab Agam,” ujar Basrowi.

Ia menjelaskan, keempat poin jadi fokus pemeriksaan itu yakni, pemantauan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan sebelumnya, penilaian efektivitas sistem pengendalian internal, menilai kepatuhan atas perundnag-undangan, serta menguji substantif atas saldo atau transaksi seperti kas, belanja modal dan lainnya.

“Pemeriksaan interim ini sudah kita mulai kemarin yang dilakukan selama 25 hari, kita harap kerjasama dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Agam dalam menyediakan dokumen yang dibutuhkan nantinya,” sebut Basrowi.

Apabila pemeriksaan interm ini selesai, katanya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan setelah laporan keuangan diserahkan ke BPK, paling lambat LKPD diserahkan tim kembali turun untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, yang dilakukan sekitar 30 hari, “ kata Basrowi.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman menyebutkan, pemeriksaan LKPD ini bukan lagi hal yang baru bagi Pemkab Agam, sehingga diharapkannya tidak ada kendala dalam pemeriksaan ini. Menurut bupati, pemeriksaan ini upaya bagaimana tatakelola keuangan daerah menjadi lebih baik ke depan, sehingga apa yang dilakukan seusia aturan berlaku.

“Kita minta OPD dapat memenuhi permintaan tim terkait dokumen yang dibutuhkan, supaya pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan maksimal,” pinta Bupati. (pry)

Selengkapnya unduh disini