Pembinaan Karakter CPNS BPK Sumbar oleh Rindam I Bukit Barisan

Padang, Kamis 6 Oktober 2022– BPK Perwakilan Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) I Bukit Barisan melaksanakan pembinaan CPNS BPK Tahun 2022. Pembinaan CPNS oleh Rindam diselenggarakan selama empat hari mulai Senin tanggal 3 Oktober 2022 sampai dengan Kamis tanggal 6 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti 38 CPNS BPK Sumbar. Bertempat di Aula Lantai 4 Gedung A Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, seluruh peserta, pelatih, Kasubbag SDM, Kepala Sekretariat Perwakilan dan Kepala Perwakilan mengikuti pembukaan secara daring oleh Ketua BPK, Ibu Isma Yatun.

Pembinaan tersebut dalam rangka pembinaan karakter CPNS sebagai generasi penerus BPK. Pembinaan oleh Rindam I Bukit Barisan bertujuan untuk menunjukkan sikap perilaku bela negara, meningkatkan integritas moral kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme serta kebangsaan, meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme.

Materi dalam pembinaan CPNS tersebut selain penguatan jasmani dan rohani, juga diisi berbagai ceramah antara lain meliputi materi Nilai Dasar BPK, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, dan Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Acara pelatihan fisik dilaksanakan di lapangan parkir depan Gedung B Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumbar. Acara tersebut disambut antusias oleh peserta. Pembinaan oleh Rindam I Bukit Barisan merupakan rangkaian Diklat CPNS BPK Tahun 2022. Pelaksanaan pembinaan dilaksanakan secara klasikal atau offline.

Pada hari ketiga pembinaan diadakan renungan malam dan api semangat. Acara ini sangat berkesan bagi peserta. Salah satu CPNS, Elsya Audita menyampaikan “Pelatihan yang dilaksanakan oleh Rindam sangat bagus dan bermanfaat bagi pembangunan karakter calon aparatur sipil negara, memperkuat teamwork dan leadership, dan sangat bermanfaat untuk pembinaan mental fisik dan disiplin. Rundown acara pun sudah sangat teratur dan baik,” ujarnya.

Pada hari terakhir, tanggal 6 Oktober dilaksanakan penutupan pembinaan CPNS, dengan upacara penutupan dan pertunjukkan demo PBB.