PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2018, KOBARKAN TERUS SEMANGAT PAHLAWAN DI DADA

Padang, 12 November 2018. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian Kepala Perwakilan, Pemut Aryo Wibowo membacakan sambutan Menteri Sosial saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Senin (12/11).

“nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bias menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energy dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.” Ujar Pemut Aryo.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insane tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap Warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan instropeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Negara ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jatidirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan social sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negara ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” tutup Pemut Aryo. DNA